3

Pdt.Bambang Hengky: Bagaiman Cara Menghadapi Masalah ?

BETHANY.OR.ID – Seringkali kita berbicara, bahwa persoalan datang dari setan, tetapi seharusnya kita bisa melihat bahwa persoalan atau penderitaan akan  membawa kita lebih lagi untuk mengenal Kristus.  Penderitaan adalah kasih karunia dari Allah. Kalaulah kita menderita bukan akibat dari suatu dosa, maka hal itu diinjinkan Tuhan dengan tujuan untuk  mengajar kita lebih mengenal Tuhan.

1 Petrus 2:18-19 menyatakan:  “Hai kamu, hamba-hamba, tunduklah dengan penuh ketakutan kepada tuanmu, bukan saja kepada yang baik dan peramah, tetapi juga kepada yang bengis. Sebab adalah kasih karunia, jika seorang karena sadar akan kehendak Allah menanggung penderitaan yang tidak harus ia tanggung.”Kita perlu belajar dari Tuhan Yesus, bagaimana Dia  permasalahan atau penderitaan yang sedang dihadapiNya.

BAGAIMANA CARA MENGHADAPI ‘PENDERITAAN’ :
Pertama, belajar memikirkan apa yang dipikirkan Tuhan ketika Dia  menghadapi permasalahan? Apa yang dilakukan oleh Yesus ketika menghadapi permasalahan?
Apapun  persoalan yang kita hadapi, kalau itu telah menjadi kehendak Tuhan, maka  tidak akan melebihi kekuatan kita (1 Petrus 4:12).
Namun seringkali kita memberikan reaksi yang  salah terhadap suatu  permasalahan,  yaitu ‘membesarkan permasalahan.’    Hal itu pernah dilakuaknbangsa Israel ketika akan masuk ke tanah Kanaan.  Ketika menghadapi  kita harus mendisplin pikiran kita, agar  memiliki pikiran Kristus. Dengan demikian mujizat dan pola pikir Allah  ada dalam hidup kita.

Kedua, teladani kehidupan Kristus (1Petrus 4:1-2)  Penderitaan adalah kesempatan bagi kita untuk mengikuti teladan Tuhan. Domba tidak memiliki insting berjalan dijalan yang benar. Oleh sebab itu seekor domba harus mengikuti gembalanya.  Ketika kita mengikuti Kristus, memang kita akan menemui “cross” (salib),  tetapi pada akhirnya kita akan menemui “crown” (mahkota).

Ketiga, miliki pemikiran, bahwa Hidup itu lebih penting dari apapun yang ada didunia ini. Tuhan Yesus memberikan yang paling berharga dengan memberikan nyawaNya untuk manusia. Yesus memberikan haknya kepada manusia, agar manusia mendapatkan sesuatu yang lebihh baik. Hidup kita lebih berharga dari segakla sesuatu yang ada di dunia (2 Kor 4:17). Memang ada penderitaan yang kita alami, tetapi ada sesuatu yang berharga yang akan kita nikmati.

Keempat, Miliki kehidupan yang bersaksi. Kita harus bisa menjadi saksi Kristus bagi dunia. Semua tindakan kita harus sesuai dengan kebenaran Firman Allah. Apakah kita berani berkata ‘tidak’ kepada ketidakkebenaran (1 Petrus 4:16). Muliakan nama Kristus dalam kehidupan kita ( Kolose 1:24). Kristus mati untuk menebus kita dari dosa. Rasul Paulus bersukacita dalam ‘penggenapan’ penderitaan Kristus. Sebagai seorang pelayan kita harus siap untuk menderita bagi jemaat. Sebagai hamba Tuhan harus siap menahan dirinya dan memiliki penguasaan diri. Belajar untuk hidup sederhana. Miliki pola hidup yang wajar. Kesaksian yang bisa dilihat adalah ditengah-tengah  keluarga kita (Ibrani 10:34-36). Apapun penderitaan yang sedang kita alami, jadikan kesempatan itu untuk menerima janji Tuhan. (sumber: Kotbah Pdt.Bambang Hengky/db/wic)

Pdt-Bambang-Hengky

Pdt. Bambang Hengky  (Gembala Jemaat Bethany Salatiga)

Comments(3)

  1. yeezy boost 350 v2 says

    I precisely needed to thank you so much again. I do not know the things that I might have accomplished in the absence of the ways revealed by you concerning such a concern. It actually was a real frustrating matter in my opinion, however , considering a new well-written tactic you managed it forced me to leap with contentment. I will be grateful for your advice and then expect you realize what an amazing job you were getting into educating the others via a blog. I am certain you’ve never got to know any of us.

  2. NMD C1 Chukka Black White says

    You made some first rate points there. I seemed on the internet for the problem and found most people will go along with with your website.

  3. adidas nmd says

    I truly wanted to jot down a comment to thank you for some of the lovely ways you are placing at this website. My extensive internet lookup has at the end of the day been recognized with beneficial know-how to write about with my family and friends. I ‘d tell you that we website visitors are unequivocally lucky to live in a really good website with many lovely people with helpful advice. I feel extremely blessed to have used your entire web pages and look forward to tons of more amazing minutes reading here. Thank you once more for everything.

Post a comment