No comments yet

Jangan Membual

“Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.”
(Galatia 6:14)

Bayangkan jika ada satu perayaan khusus bernama Hari Membual Sedunia. Pada hari itu, semua orang di seluruh dunia boleh membual sesuka hati. Apa ya kira-kira yang akan Anda sombongkan? Pub-pub dan bar-bar mungkin penuh dengan pria-pria playboy yang membual tentang berapa banyak wanita yang sudah ditaklukannya. Universitas-universitas penuh dengan para akademisi yang membual tentang gelar dan penemuan ilmiah. Bank-bank penuh dengan orang-orang kaya yang memamerkan rekening miliaran mereka. Lantas, bagaimana dengan orang-orang Kristen?

Wah, ternyata didalam suatu organisasi gereja pun, ada juga ‘oknum’ yang suka membual dan sombong. Ada yang membual tentang bagaimana mereka selalu taat hukum dan tidak pernah bertindak kriminal. Ada yang membual tentang menjadi tetangga yang baik dan selalu menolong tanpa pamrih. Ada yang membual tentang menjadi ‘aktivis gereja’ dan semua pelayanan yang sudah dilakukan.

Namun hal itu tentu saja berbeda dengan seseorang yang pergelangan tangannya berlubang karena digigit ular, punggungnya penuh bekas luka cambuk, dan kakinya bekas luka pasung. Iya, dialah  Rasul Paulus. Dia pernah berkata, “Tetapi aku sekali-kali tidak mau bermegah, selain dalam salib Tuhan kita Yesus Kristus, sebab olehnya dunia telah disalibkan bagiku dan aku bagi dunia.” Masihkah kita suka membual dan sombong dengan kemampuan sendiri? [gmm/rhb]

Bermegah karena salib Kristus, datangkan berkat

 

Post a comment