No comments yet

Ketahuilah, Yesus Mengasihimu!

“Ketika Petrus berpaling, ia melihat bahwa murid yang dikasihi Yesus sedang mengikuti mereka, yaitu murid yang pada waktu mereka sedang makan bersama duduk dekat Yesus…..” (Yohanes 21:20).

KALAU meneliti kitab Injil, maka kita tidak menemukan kata “murid yang dikasihi Yesus” kecuali di kitab Yohanes ini. Kita semua tahu bahwa yang dimaksud “murid yang dikasihi Yesus” adalah Yohanes, murid Yesus yang sekaligus juga menulis kitab Yohanes ini. Tahukah Anda bahwa Tuhan Yesus mengasihi seluruh murid-murid-Nya? Ya, Tuhan Yesus mengasihi Yohanes sama seperti Dia mengasihi murid-murid-Nya yang lain. Tetapi ada satu hal yang berbeda dari Yohanes ini: Yohanes tahu bahwa Tuhan Yesus mengasihinya.

Beda dengan Petrus. Dia adalah murid Tuhan Yesus yang berkata, “Biarpun semuanya ini menyangkal Engkau, saya tidak akan pernah menyangkal Engkau. Biarpun mereka semua ini tergoncang imannya, saya tidak! Saya bahkan rela dipenjara mati demi Engkau, Tuhan Yesus!”

Jadi dapat disimpulkan, Petrus berkata, “Saya adalah murid yang mengasihi Yesus.” Sedangkan Yohanes berkata, “Saya adalah murid yang dikasihi Yesus.”

Lalu apa yang terjadi ketika ujian datang kepada mereka?
Ketika Yesus ditangkap, Petrus menyangkal Yesus tiga kali! Tidak hanya itu, Petrus bahkan bersumpah dan mengutuk bahwa dia tidak pernah mengenal Yesus! Padahal tidak lama sebelumnya dia berkata bahwa dia tidak akan meninggalkan Yesus.

Namun beda dengan apa yang dilakukan Yohanes. Dia tetap setia mengikuti Yesus. Bahkan ketika Yesus disalib, Yohanes adalah satu-satunya murid Yesus yang menunggui-Nya di kaki salib Yesus! Ketika murid-murid yang lain menghilang entah ke mana, Yohanes tetap setia bersama Yesus.

Apa rahasia ‘kasih Yohanes’ kepada Tuhan Yesus?
Di saat yang sama, apakah yang Yohanes lakukan? Yohanes terus setia mengikuti Yesus. Bahkan ketika Yesus telah tergantung di kayu salib, Yohanes adalah satu-satunya murid Yesus yang menunggui-Nya di kaki salib Yesus! Ketika murid-murid yang lain menghilang entah ke mana, Yohanes tetap setia bersama Yesus. Rahasianya adalah dengan mengetahui bahwa Yesus mengasihi Anda. (hi/rhb)

Banyak orang tahu kasih Yesus, namun tak banyak yang menyelaminya.

 

Post a comment