Comments are off for this post

MAKIN BERTUMBUH

“Menambahkan kepada imanmu kebajikan…pengetahuan… penguasaan diri…ketekunan…kesalehan...kasih akan saudara-saudara…kasih akan semua orang” (2Petrus 1:5-7)

Seorang mahasiswa dari Akademi St Monica dalam sebuah wawancara mengatakan, bahwa ia tertarik untuk mencari tahu tentang seluk-beluk agama. Tetapi, ketika ditanya alasannya, ia menjelaskan bahwa ia hanya sedang memenuhi tuntutan akademis. Mahasiswa tersebut ingin mengetahui apa yang memotivasi orang-orang beragama sehingga tekun ibadah? Namun, ia mengatakan bahwa ia sendiri tidak termasuk jenis orang yang bangun di pagi hari dengan kerinduan untuk melakukan kehendak Allah.

Lalu bagaimana dengan kita, apakah mungkin kita seperti mahasiswa itu? Adakah kita memiliki hasrat untuk belajar tentang Alkitab dengan alasan di luar kerinduan untuk mengenal Allah lebih dalam dan hidup sesuai dengan kehendak-Nya?

Rasul Petrus mengatakan bahwa kita harus meningkatkan pengetahuan kita untuk satu tujuan utama — membawa iman kita kepada kedewasaan. Ia menunjukkan bahwa pengetahuan merupakan unsur yang sangat diperlukan untuk memimpin kita pada penguasaan diri, ketekunan, kesalehan, kasih akan saudara-saudara, dan kasih akan semua orang. Peningkatan yang membawa kita kepada kedewasaan ini muncul dari pengenalan kita terhadap Yesus Kristus secara pribadi (2Petrus 1:5-8).

Allah tidak meminta kita meningkatkan pengetahuan demi kepentingan pengetahuan. Dia meminta kita meningkatkan pengetahuan agar dapat bertumbuh menjadi orang yang produktif, penuh kasih, dan memusatkan hidup pada Allah. Oleh karenanya, kita harus memiliki keinginan untuk selalu menambah pengetahuan. [rhb]

Comments are closed.