No comments yet

Miliki Pikiran Kristus

“ O, alangkah dalamnya kekayaan, hikmat dan pengetahuan Allah! Sungguh tak terselidiki keputusan-keputusan-Nya dan sungguh tak terselami jalan-jalan-Nya! Sebab, siapakah yang mengetahui pikiran Tuhan? Atau siapakah yang pernah menjadi penasihat-Nya?” (Roma 11:33-34)

SETIAP  tindakan yang dilakukan seseorang pasti di dahului dengan berpikir, entah ia berpikir panjang ataupun pendek. Namun tak seorangpun yang bisa mengetahui apa yang sedang dipikirkan seseorang, hingga orang yang bersangkutan menyampaikan isi pikirannya.

Kalau pikiran manusia saja tak bisa ditebak, apalagi pikiran Tuhan? Kita tentu saja tidak dapat menyelamiNya, hingga Tuhan menyatakannya kepada kita.

Memang ada hal-hal dimana dalam kedaulatan Allah,  jalan-jalanNya tak bisa dimengerti. Namun demikian, bukan berarti Allah menyembunyikan kehendakNya. Justru sebaliknya, Tuhan ingin agar setiap orang percaya ‘tahu dan melakukan’ kehendakNya serta mengerti pikiranNya.

Lalu bagaimana caranya? Salah satunya, baca Alkitab firman Allah.

Tuhan berkehendak, agar semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut kebajikan dan patut dipuji, ada di dalam pikiran kita (Filipi 4:8). Jika hal tersebut ada dalam pikiran kita, maka kita bisa memiliki “pikiran Kristus.”

Saat kita memiliki pikiran Kristus, hati kita akan  dipenuhi dengan kebenaran, sehingga  sikap dan tindakan kita dapat diwarnai oleh hal-hal yang benar. Hal tersebut bisa mendatangkan berkat Tuhan.

Demikian pula ketika kita  menghadapi suatu persoalan, percayalah kepada Firman Tuhan. Jangan biarkan  pikiran kita dikuasai kecemasan dan kekhawatiran, karena Tuhan beserta kita.  Karena itu setialah merenungkan firmanNya setiap hari, agar kita memiliki pikiran Kristus. [jh/rhb]

 

Pikiran Kristus akan menolong dan membantu kita saat menghadapi berbagai tantangan dan persoalan

Post a comment