Comments are off for this post

GOSIP MURAHAN

“Mereka menerima uang itu dan berbuat seperti yang dipesankan kepada mereka. Dan ceritera ini tersiar di antara orang Yahudi sampai sekarang ini” (Matius 28:11-15).

Bagi imam-imam kepala, sulit melihat kenyataan bahwa Yesus bangkit dari kuburnya. Gengsi dan harga diri yang terlalu tinggi menghalang-halangi mereka untuk melihat siapakah Kristus itu sebenarnya. Jadi mereka merencanakan untuk menyuap serdadu-serdadu penjaga kubur itu dengan uang yang banyak. Lebih parah lagi, mereka menyuruh para serdadu untuk mengarang cerita bahwa tubuh Yesus dicuri oleh murid-murid-Nya. Dan Alkitab berkata bahwa gosip itu tersebar hingga sekarang.

Banyak penulis  buku sesuai rekaan hati mereka,…. mengatakan berbagai versi mengenai Yesus. Ada yang berkata bahwa Yesus sebenarnya tidak mati, tetapi melarikan diri ke India, mempunyai anak di sana dan mati di sana. Lucunya, katanya Yesus belajar agama-agama timur dan melakukan praktek agama tersebut.

Ini merupakan usaha-usaha kerajaan kegelapan yang sulit menerima kenyataan, bahwa Yesus telah bangkit dari kubur. Kerajaan kegelapan ini memakai imam-imam kepala, pemimpin-pemimpin agama, dan tokoh-tokoh yang disegani di masyarakat untuk menyebarkan gosip yang paling murahan ini.

Kenyataannya, Yesus telah bangkit dan kita telah melihatnya, merasakannya, dan menikmati kemenangan oleh karena kebangkitan Kristus itu. Alkitab merupakan buku yang paling akurat bila manusia ingin mengetahui cerita yang sebenarnya mengenai hal ini, sebab Matius, Markus, Lukas, maupun Yohanes merupakan saksi hidup pada era yang sama atau mendekati masa ketika Yesus berada di bumi ini. Mereka semua meneguhkan bahwa Yesus telah bangkit!

Lalu metode apakah yang dipakai oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dengan mengatakan bahwa Yesus tidak pernah mati dan bangkit? Mereka membuat cerita ini untuk kepentingannya atau golongannya. Atau kalau tidak demikian, untuk menarik umat sebanyak-banyaknya. Atau untuk mendapatkan uang sebanyak-banyaknya melalui penjualan buku itu.

Kita tidak bimbang dengan gosip-gosip tersebut. Roh Kudus yang tinggal di dalam hati kita semakin meneguhkan bahwa melalui kebangkitan Yesus ini, kita menjadi ahli waris Kerajaan Allah (Yakobus 2:5). Tidak hanya itu, semua janji Allah yang tertera di Alkitab menjadi milik kita.

Akhir zaman semakin banyak berita tak benar mengenai Kristus. Banyak orang berusaha menggugat identitas Yesus dengan dalil-dalil yang dibuat-buat. Bersamaan dengan itu, makin marak muncul mesias palsu. Dalam hal ini kita mesti berhati-hati dan bijak ketika mendengar hal-hal buruk tentang sesama kita. Jangan sampai muncul kesalahpahanan dan salah mengerti sehingga memunculkan persengketaan ataupun perselisihan. [rhb]

Semakin populer nama seseorang, gosip yang dihembuskan juga semakin kencang.

Comments are closed.