No comments yet

Tertawa itu Obat Mujarab, Bagaimana Bisa?

BETHANY.OR.ID – Emosi yang sifatnya negative, akan dapat mempengaruhi kesehatan fisik anda. Akan tetapi, wajah dengan bibir yang selalu tersenyum, berperan penting terhadap kesehatan emosional dan fisik anda. Begitu pendapat Dr. Donald Colbert, M.D.

Terdapat dua kekuatan besar yang bisa menyembuhkan seseorang dari setiap sakit yang dideritanya, yaitu “kekuatan tertawa” dan “kekuatan bergembira”. Hati yang gembira adalah senjata ampuh untuk melawan “emosi yang mematikan”. Dalam Amsal 17:22  dinyatakan, “Hati yang gembira adalah obat yang manjur, tetapi semangat yang patah mengeringkan tulang.” Kebenaran Injil menyatakan, bahwa tertawa itu dapat memunculkan kekuatan untuk menyembuhkan, bagaikan obat yang menyembuhkan suatu penyakit.
Hal tersebut memunculkan pertanyaan, apakah orang yang mudah tertawa bakal hidup lebih lama daripada mereka yang sulit tertawa?

Secara ilmiahnya, ketika kita tertawa, hormon endorphins  akan memberi kekuatan, seolah morfin yang dilepaskan ke dalam otak. Endorphins itulah yang mencetuskan rasa lega. Atau orang merasakan seluruh tubuhnya sehat. Di situlah kita benar-benar memahami, bahwa “hati yang  gembira bekerja seperti obat”. Kenyataannya,  sebagian besar riset mendukung fakta tersebut.
Seseorang yang hidupnya bahagia dan berada dalam lingkungan yang nyaman, akan sedikit mengalami penyakit yang serius apabila dibandingkan dengan mereka yang hidupnya tidak bahagia. Demikian Dr. Colbert.

Di Department of Behavioral Medicine of the UCLA Medical School, Norman Cousins (psikolog kesehatan) pernah mengadakan riset tentang dampak fisik dan  keuntungan-keuntungannya bagi  orang yang tertawa. Didirikannya “Humor Research Task Force” yang mengkoordinir riset klinis tentang humor-humor di seluruh dunia. Badan itu membuktikan, bahwa “ketawa, kegembiraan dan kebahagiaan adalah penawar racun yang sempurna untuk stress”.

Nabi Yesaya pernah menulis, “Yang hatinya teguh Kaujagai dengan damai sejahtera, sebab kepadaMu-lah ia percaya (Yesaya 26:3).”
Seorang dokter pernah mencatat, bahwa  tertawa itu memberikan pijatan kepada sekat rongga pernafasan, rongga dada, abdomen, jantung, ginjal dan hati (liver). Hal demikian akan lebih baik ketimbang menonton acara televisi  atau film yang kadangkala justru bisa membuat kita merasa tertekan. Karenanya, usahakan muka kita diwarnai dengan senyuman, dan isi emosi kita dengan sesuatu yang sehat.

Dr. Donald Colbert, M.D. selain ahli gizi dan dokter keluarga, juga penulis buku serta aktif sebagai  konsultan kesehatan pada majalah Rohani Kristen di Amerika. (Sumber a.l.: www.charismawarehouse.com/wic/sgbi)

Post a comment